Kaya Manfaat dan Kandungan Gizi, Ini Resep Roti Sandwich yang bisa Dicoba di Rumah

Pixabay.com

Roti lapis atau sandwich bisa jadi pilihan menu makanan saat perut mulai keroncongan. Snack ini juga cocok dijadikan bekal sekolah untuk anak atau makan siang saat rehat kantor.

Setangkup roti berisi daging, sayuran, aneka saus pasti menggugah nafsu makan. Selain nikmat , sandwich memiliki banyak manfaat karena mengandung gizi yang cukup untuk tubuh. Berikut manfaat dan kandungan gizi di dalam sandwich:

Roti
Sebagai sumber energi utama, roti termasuk makanan yang memerlukan waktu lama untuk dicerna. Karakteristik ini akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Roti pada sandwich juga mengandung vitamin B kompleks untuk metabolisme energi. Kandungan serat juga dapat menstabilkan kadar gula darah serta kandungan zat besi yang bertugas membawa oksigen.

Telur
Kandungan protein dalam telur mampu membangun, memperbaiki sel dan jaringan tubuh serta meningkatkan imunitas. Ada pula lemak yang memberi energi. Telur juga mengandung sembilan asam amino esensial, vitamin A, B D, zat besi, serta seng untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan penyembuhan luka.

Keju
Semua jenis keju mengandung kalsium, fosfor dan vitamin D untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi. Protein dalam keju juga menguatkan otot. Sementara riboflavin dan folat membantu proses metabolisme zat-zat gizi.

Tomat
Tomat, terutama yang sudah dimasak memiliki kandungan likopen yang tinggi. Kaya antioksidan untuk melawan paparan radikal bebas dan membentengi tubuh dari berbagai jenis penyakit. Selain itu, tomat juga sumber beta karoten, vitamin C, serta kaya akan kalium yang baik untuk kesehatan pembuluh darah.

Selada
Kandungan serat dalam sayuran membantu pencernaan dan mencegah sembelit. Selada juga mengandung antioksidan untuk mencegah pembentukan sel kanker, serta mengandung vitamin C, kalium, folat dan beta karoten. Selada dengan warna hijau tua lebih kaya beta karoten.

pexels.com

Resep dan cara membuat sandwich

Menikmati roti sandwich tidak harus dengan membelinya di toko-toko terkenal. Membuat sandwich di rumah juga terbilang mudah dan cepat.  Dengan membuat sandwich sendiri, Anda dapat menentukan kualitas bahan yang digunakan dan porsi yang diinginkan dengan harga yang jauh lebih murah.

Hanya perlu waktu kurang dari 10 menit, Anda bisa menikmati sandwich nikmat ala restoran cepat saji. Berikut resep sandwich ala restoran.

Bahan sandwich:
1 buah roti baguette. Dikutip dari Maya Kitchenette, roti baguette juga bisa diganti dengan roti pipih atau flatbeard
4 lembar keju
6 lembar daging sapi, bisa menggunakan daging ham
1 tomat, diiris tipis
6 lembar daun selada
6 lembar mentimun
2 sendok saus mayones
1 sendok margarin

Isian pada bahan sandwich ini dapat disesuaikan dengan selera.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *