Paten! Polda Lampung Kembali Gulung Jaringan Narkoba Internasional

  • Whatsapp
Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika.

BANDAR LAMPUNG – Polda Lampung pimpinan Irjen Pol Helmy Santika kembali berhasil membongkar jaringan narkoba internasional serta mengamankan narkoba jenis sabu-sabu total seberat 87,5 kilogram.

Kapolda Lampung Helmy Santika mengungkapkan, selain menyita barang bukti narkotika jenis sabu seberat 87,5 kg, pihaknya mengamankan 20 orang tersangka 19 laki-laki dan 1 perempuan di tempat yang berbeda.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, terungkapnya dua jaringan tersebut berawal dari penangkapan di dua waktu berbeda di Seaport Interdiction Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

“Pengungkapan berawal dari kegiatan pemeriksaan rutin yang dilakukan tim Seaport Interdiction di Pelabuhan Bakauheni,” ujarnya dalam konferensi pers di Gedung Presisi Polda Lampung, Rabu (6/3/2024)..

Barang bukti narkoba dan para tersangka

Irjen Helmy Santika mengatakan dua kasus jaringan narkoba internasional asal Malaysia ini diungkap pada Februari 2024.

Kasus pertama dengan jumlah barang bukti narkoba 52,5 kg dan 15 tersangka terungkap pada 5 Februari 2024. Kasus kedua diungkap pada 21 Februari 2024 dengan barang bukti 35,1 kg sabu-sabu dengan jumlah tersangka 5 orang.

Para tersangka yang terlibat dalam jaringan ini ditangkap di empat wilayah berbeda, yakni Lampung, Jakarta, Bogor, dan Palembang. “Dari hasil penyelidikan, barang-barang ini berasal dari Malaysia masuk ke Indonesia dari Aceh,” ungkapnya.

Saat ini para tersangka telah dilakukan penahanan di Polda Lampung. Polisi masih terus mengembangkan kasus ini memburu otak jaringan tersebut.

Para pelaku dijerat dengan pasal berlapis UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman pidana mati.

Konferensi pers tersebut diikuti oleh Irwasda, Dir Narkoba, Dir Intelkam, Kabid Humas, Kabid Propam. Dir Tahti Polda Lampung, BNN Prov Lampung, Kasie Narkotika Kejati Lampung, ASDP Bakauheni, dan Balai Karantina Prov Lampung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *