Survei: Kepercayaan Publik kepada Kejaksaan Agung Makin Tinggi

  • Whatsapp
logo-kejaksaan

DNews.id | JAKARTA – Kepercayaan masyarakat terhadap Kejaksaan Agung semakin kuat. Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia mengungkapkan, Korps Adhyaksa meraih kepercayaan tertinggi di antara lembaga penegak hukum lain.

Menurut Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia (IPI) Burhanuddin Muhtadi, kepercayaan publik terhadap kinerja Kejaksaan Agung terus meningkat dalam dua periode survei yang dilakukan oleh lembaganya.

Bacaan Lainnya

“Dalam temuan kami, public trust Kejaksaan Agung kini berada di angka 77,8 persen, menempatkan Kejaksaan tetap tertinggi di antara lembaga penegak hukum lain,” kata Burhanuddin Muhtadi.

Dia mengungkapkan hal itu saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Dinamika Elektoral Capres dan Cawapres Pilihan Publik Dalam Dua Surnas Terbaru’ secara virtual, Minggu (25/3/2023).

Survei tersebut dilakukan pada periode Februari dan Maret 2023. Periode pertama dilakukan pada 9-16 Februari dengan 1.220 responden. Survei kedua berlangsung pada 12-18 Maret dengan melibatkan 800 responden.

Pada periode yang sama, lanjut Burhanuddin Muhtadi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat 71,5 persen, sementara Polri 70,8 persen.

Dalam temuan IPI, tingginya kepercayaan masyarakat terhadap Kejaksaan Agung juga berkaitan dengan penegakan hukum. Dalam kategori ini, lembaga yang dipimpin ST Burhanuddin itu tetap berada di posisi tertinggi dengan tingkat kepercayaan 80 persen.

Posisi kedua ditempati oleh lembaga pengadilan dengan tingkat kepercayaan 76,1 persen, disusul KPK 72,8 persen dan Polri 68,4 persen.

Tingginya kepercayaan publik membuat tren terhadap penegakan hukum secara nasional ikut meningkat, yakni dari 39,4 persen pada Februari menjadi 46,3 persen pada Maret. “Tren penegakan hukum semakin positif, ada peningkatan cukup signifikan,” ujar Burhanuddin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *