Sering Mengganti Sepatu, Baik untuk Kesehatan Kaki lho Guys

  • Whatsapp
Ilustrasi. Mengganti sepatu secara berkala baik untuk kesehatan kaki. Ketahui tanda-tanda sepatu harus diganti. (pexels-anastasia-shuraeva-5705503)

DNews.id|JAKARTA – Jika Kamu termasuk orang yang menunggu sepatu lama rusak untuk membeli yang baru, atau sampai sepatu benar-benar tidak bisa digunakan, sebaiknya hentikan kebiasaan ini.

Meski sepatu lama masih terasa nyaman, tapi ini mungkin tidak sempurna untuk berlari dan berjalan. Mengganti sepasang sepatu secara periodik sangat penting untuk mengurangi risiko cedera serta menjaga postur tubuh.

Proses pengikisan dimulai secara perlahan. Ada beberapa tanda sepatumu sudah waktunya diganti. Pertama, busa yang melindungi setiap benturan kehilangan bentuk, kemudian jika Kamu mulai merasa tidak nyaman karena masalah pemasangan diikuti dengan lecet dan masalah lainnya.

Karena busa datar, kaki Anda harus menerima lebih banyak tekanan saat menabrak trotoar, meningkatkan risiko ketidakseimbangan dan masalah persendian.

Kapan harus membeli sepasang sepatu baru?
Sepatu berkualitas terbuat dari produk kelas atas yang menjaga kaki tetap sehat, mencegah masalah seperti bunion, kaki bau, di antara masalah kaki serius lainnya.

Untuk mengetahui kapan Kamu perlu mengganti sepatu yang lama, berikut beberapa tanda yang perlu diperhatikan.

(pexels-kindel-media)

1. Merasa lebih sakit dan nyeri
Sepasang sepatu baru dan dalam bentuk yang baik seharusnya tidak membuat kami sakit dan nyeri. Rasa sakit dan nyeri akan membuat Kamu sulit melakukan aktivitas dalam waktu yang lebih lama. Sakit lutut, lecet pada telapak kaki juga merupakan tanda bahwa sepatu perlu diganti.

2. Sepatu terlihat buruk untuk dipakai
Terkadang rasa sakit dan nyeri tidak disadari. Dalam situasi seperti itu, cari tanda-tanda yang bisa terlihat dengan mata telanjang. Jika sol sepatu atau bantalan di dalam sepatu tampak tidak rata, ini adalah tanda pasti bahwa sepatu tidak sesuai dengan kebutuhan Kamu.

(pexels-ron-lach)

3. Sulit dipakai jarak jauh
Seberapa jauh jarak yang Kamu tempuh dalam sekali jalan juga dipengaruhi oleh kualitas sepatu yang digunakan. Jika sepatu dalam kondisi yang baik, seharusnya dapat menempuh jarak yang jauh tanpa kesulitan. Tapi jika kebalikannya, rasa tidak nyaman akan mengganggu dan butuh perjuangan untuk menahan nyeri sampai tempat tujuan.

Jika kamu merasakan tanda-tanda seperti di atas, pertimbangkan kembali untuk menggantinya dengan yang baru. Cari juga sepatu dengan kualitas baik agar kegiatan Kamu lancar tanpa harus merasakan nyeri pada kaki.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *