Coba 5 Tips Ini Saat Belajar, Dijamin Kamu Gak Kesulitan Konsentrasi Lagi

Konsentrasi saat belajar sangat diperlukan untuk memahami materi pelajaran. (Pexels Tima Miroshnichenko)

DNews.id|JAKARTA – Setiap orang tentu memiliki metode belajar yang berbeda-beda agar bisa memahami materi pelajaran. Meski begitu ketenangan hati sangat diperlukan agar otak pun dengan mudah menyerap pelajaran.

Jika suasana hati sedang tak menentu dan banyak hal yang dipikirkan, membaca materi pelajaran ratusan kali pun terasa sia-sia.

Hal lain yang menyulitkan seseorang menyerap materi belajar adalah susah berkonsentrasi. Konsentrasi sangat penting saat belajar. Saat berkonsentrasi penuh, waktu yang digunakan untuk belajar benar-benar terasa efektif dan efisien.

Merangkum dari laman salah satu platform edukasi di Instagram @masukkampus, ada 5 tips yang dibagikan bagi kamu yang sulit konsentrasi saat belajar. Yuk simak bersama tips berikut ini.

Membuat catatan yang jelas dan rapih bisa membantu mencerna pelajaran dengan baik. (Pexels Pew Nguyen)

1. Buat rangkuman catatan semenarik mungkin
Membuat catatan sendiri dan membuatnya semenarik mungkin, sadar atau tidak kamu akan melatih otak untuk memahami materi dengan lebih mudah. Sehingga konsentrasi belajar juga akan lebih meningkat.

2. Jangan terlalu ambisius
Belajar memang penting, tapi jangan terus memaksakan diri apalagi jika sedang dalam kondisi lelah. Semua tugas tidak akan selesai bahkan justru tidak bisa dikerjakan dengan optimal. Yuk istirahat sebentar dan melakukan aktivitas kecil yang disukai supaya otak kembali fresh.

3. Jangan malu bertanya saat ada materi yang susah
Selama proses belajar pasti akan menemukan materi yang susah dipahami. Saat berada di situasi tersebut, jangan malu untuk bertanya atau sekedar berdiskusi dengan teman atau mungkin keluargamu. Sehingga kamu juga akan mendapatkan pemahaman baru.

Bertanya juga sangat membantu untuk memudahkan memahami materi belajar. (Pexels Max Fischer)

4. Buat tempat belajar senyaman mungkin
Tempat belajar yang rapi dan nyaman dapat mempengaruhi susana hati. Sehingga mood belajar pun akan meningkat. Asal jangan belajar di atas kasur ya, karena justru meruntuhkan niat untuk belajar dan memilih rebahan sembari scroll sosial media.

5. Apresiasi sekecil apapun hal yang telah dipelajari
Walaupun kadang tidak tercapai dengan sempurna, setidaknya kamu sudah berproses menjadi lebih baik. Dengan menghargai diri sendiri artinya kamu sadar dan mampu mengevaluasi diri agar termotivasi belajar lebih giat lagi kedepannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *