Intip Manfaat Berpelukan untuk Kesehatanmu

  • Whatsapp
Berpelukan dengan seseorang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. (pexels/Vlada Karpovich)

DNews.id|JAKARTA – Film serial anak Teletubbies mengajarkan anak-anak untuk saling berpelukan. Aktivitas ini, jika dilakukan secara rutin ternyata bermanfaat untuk kesehatan.

Tak hanya berpelukan dengan pasangan, berpelukan dengan sahabat maupun anggota keluarga tercinta juga bisa memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Berpelukan merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menenangkan diri atau orang lain. Berpelukan bisa membuat perasaan tenang dan dan lebih bahagia.

Berikut ini adalah beberapa manfaat lainnya dari berpelukan bagi kesehatan.

(pexels/Rodnae Productions)

Meredakan stress Stress
Banyaknya tekanan yang dirasakan bisa menumpuk dan membuatnya menjadi semakin buruk. Berpelukan ternyata memiliki manfaat untuk meredakan stress karena berpelukan bisa menjadi sebuah tanda support dan dukungan yang bisa meningkatkan oksitosin dalam tubuh.

Menurunkan resiko sakit jantung
Studi kesehatan para peneliti di dunia menyatakan bahwa sentuhan dari berpegangan tangan atau berpelukan bisa membantu menurunkan resiko adanya serangan jantung. Hal tersebut disebabkan karena adanya afeksi yang terjadi saat adanya sentuhan dari berpegangan tangan atau berpelukan.

Meningkatkan sistem imun
Berpelukan bisa membantu memicu stimulasi kelenjar thymus. Kelenjar ini memiliki fungsi untuk meregulasi dan menyeimbangkan produksi sel darah putih dalam tubuh. Yang tentu saja bisa menjaga kesehatan, imun yang baik, dan terhindar dari penyakit.

Meredakan tekanan darah tinggi
Berpelukan juga dipercaya bisa membantu tubuh untuk melepaskan lebih banyak hormone oksitosin. Dengan meredakan hormon oksitosin dalam tubuh, tentunya tingkat stress dan kecemasan yang menjadi penyebab tingginya tekanan darah menjadi berkurang.

(pexels/Shvets Production)

Meningkatkan rasa percaya diri
Berpelukan juga memiliki manfaat yang baik untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Berpelukan merupakan sebuah cara untuk menunjukkan rasa sayang baik dari keluarga, teman, maupun pasangan. Sehingga cara ini dipercaya bisa membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri karena adanya perasaan dicintai dan lebih bahagia secara mental.

Bagaimana sahabat DNews, yuk kita mulai biasakan berpelukan sebagai ekspresi kebahagiaanmu, juga kesedihanmu!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *