Mom, Ini nih Beragam Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Anak

  • Whatsapp
Anak mendengarkan musik akan mendapatkan beragam manfaat. (pexels.com)

Dnews.id|JAKARTA – Musik merupakan bahasa universal bagi semua usia dan latar belakang kehidupan. Mendengarkan musik pun menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan.

Musik selalu bisa jadi pengiring di segala suasana, senang maupun sedih. Sebagai bahasa universal, bukan hanya orang dewasa saja yang bisa menikmati musik. Anak-anak pun juga mendapatkan manfaat dari mendengarkan musik.

Melansir dari website resmi Unicef, seorang ahli saraf mengatakan bahwa musik memiliki manfaat jangka panjang bagi bayi. Berdasarkan sebuah penelitian dari Institute of Learning and Brain Sciences, bagian otak bernama korteks pendengaran dan prefrontal pada bayi yang mendengarkan musik akan terlihat berbeda.

Korteks pendengaran dan prefrontal merupakan bagian otak yang bertanggung jawab memproses musik dan ucapan. Tak hanya pada bayi, efek positif dari mendengarkan musik juga dapat dirasakan oleh anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang.

Anak-anak yang mendengarkan musik ataupun memainkan alat musik memiliki efek positif. Berikut beberapa manfaat mendengarkan alunan musik bagi anak-anak.

1. Meningkatkan suasana hati dan mengurangi tingkat stres pada anak.

Pexels.com

2. Memudahkan anak-anak untuk berhubungan dengan emosi mereka saat mendengarkan musik sedih karena musik ini memiliki kekuatan katarsis (pelepasan emosi) yang baik bagi manusia.

pexels.com

3. Merangsang pembentukan zat kimia otak seperti dopamin dan oksitosin. Ketika kedua zat ini dilepaskan maka anak-anak akan terdorong untuk menjadi pribadi yang mudah berbagi, berempati, serta percaya pada orang lain.

pexels.com

5. Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas anak.

pexels.com

5. Mengembangkan kecerdasan spasial. Dilansir dari Wikipedia, kecerdasan spasial merupakan kemampuan seseorang untuk memahami, memproses, dan berpikir ke dalam bentuk visual. Kecerdasan ini menjadi dasar bagi minat anak terhadap matematika, teknik, ilmu komputer, dan arsitektur.

pexels.com

6. Meningkatkan kreativitas dan memperbanyak kosakata.

pexels.com

Ternyata cukup banyak manfaat yang didapatkan anak-anak saat mereka mendengarkan musik. Oleh karenanya banyak ahli menyarankan agar ibu hamil mendengarkan musik klasik. Belajar bermain alat musik juga baik dimulai sejak usia dini. Sebab bermain musik akan mendukung perkembangan otak anak di usia emasnya.

Pastikan musik yang anak-anak dengarkan sesuai dengan umur mereka, mulai dari nada dan juga lirik lagunya jika ada. Selain bermanfaat untuk perkembangan otak, lagu anak-anak juga bisa dijadikan sebagai metode belajar yang menyenangkan.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *