Bikin Pengguna Makin Aman, Siap-siap Whatsapp Rilis Fitur Enkripsi Baru

  • Whatsapp
Whatsapp rilis fitur keamanan baru. (pexels.com)

Dnews.id|JAKARTA –Pengguna WhatsApp bakal menantikan fitur baru enkripsi yang akan memberikan pengamanan ekstra saat melakukan backup WhatsApp chat.

Enkripsi dari ujung ke ujung (end-to-end encryption) WhatsApp yang dirilis untuk platform Android dan iOS di seluruh dunia ini sudah ditunggu-tunggu pengguna.

Bacaan Lainnya

Sebagai layanan chat terbesar di dunia, banyak sekali celah yang berupaya dimanfaatkan oleh oknum alias orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk membajak akun, menipu, bahkan menguras rekening pengguna WhatsApp. Perlindungan keamanan berupa enkripsi membuat pihak ketiga sulit untuk melakukan hack ke akun pengguna.

end to end encryption dari whatsapp

Mengenal teknologi enkripsi

WhatsApp chat backup encryption atau enkripsi di layanan backup chat WhatsApp adalah layanan perlindungan keamanan berupa enkripsi dari ujung ke ujung untuk pesan yang dikirim melalui platform mereka.

Sederhananya, tidak ada cara untuk mengetahui isi pesan yang dikirim kecuali menggunakan fitur di aplikasi WhatsApp pengirim maupun penerima. Pesan-pesan yang dikirim hanya akan disimpan di kedua perangkat (pengirim dan penerima) saat mereka bercakap-cakap.

Sebelumnya, fitur enkripsi ini tidak ada. Terutama untuk obrolan WhatsApp yang di-backup ke cloud (di Google Cloud untuk pengguna Android atau iCloud untuk pengguna iOS).

Pihak WhatsApp mengklaim tidak ada layanan online messaging lain yang memberikan level keamanan seperti yang mereka lakukan. Semua salinan obrolan pengguna baik teks, pesan suara, video, terlindungi oleh enkripsi.

Meski demikian, para pelanggan WhatsApp ini harus bersabar. Sebab, fitur enkripsi ini akan dirilis secara bertahap di pengguna WhatsApp di seluruh dunia untuk memastikan tidak ada bug atau celah di fiturnya.

Cara mengaktifkan fitur enkripsi

Namun hingga saat ini pihak WhatsAppa sudah mengumumkan cara menggunakan Fitur Enkripsi WhatsApp Untuk menggunakan layanan baru enkripsi WhatsApp, pastikan software WhatsApp sudah yang terbaru.

Setelah itu, lakukan ini: buka Settings > Chats > Chat Backups > End-to-End Encrypted Backup.

Pengguna akan bisa membuat password atau encryption key 64-digit untuk chat dan data penting mereka yang telah di-backup. WhatsApp memastikan tidak ada yang bisa membaca data chat pengguna yang telah di enkripsi. Baik itu WhatsApp sendiri, ataupun operator seluler. Bagaimana, cukup memberikan rasa aman kah?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *