Presiden Jokowi: PON XX Papua Panggung Kesetaraan dan Keadilan untuk Maju Bersama

  • Whatsapp
Jokowi PON XX
(setkab)

DNews.id | JAYAPURA – Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengungkapkan kebanggaannya bisa berada di Stadion Lukas Enembe yang merupakan stadion terbaik di Asia Pasifik untuk membuka PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua.

Bacaan Lainnya

“Pekan olahraga ini menggambarkan kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan infrastruktur di tanah Papua, dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional,” kata Kepala Negara.

Dia mengatakan PON XX juga punya makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia sebagai panggung persatuan, panggung kebersamaan, panggung persaudaraan. “PON ini adalah panggung kesetaraan dan panggung keadilan untuk maju bersama, sejahtera bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Menurut Presiden, stadion yang sangat megah ini bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua. Konektivitas laut, konektivitas darat, konektivitas udara; bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua, serta pengembangan SDM Papua merupakan capaian-capaian lain dari kemajuan Papua yang sangat membanggakan.

“Selain terus meningkatkan kualitas dan kuantitas lembaga pendidikan formal, saya tadi pagi juga meresmikan dimulainya pembangunan Papua Youth Creative Hub untuk mencetak wirausaha-wirausaha yang sukses, yang bisa meningkatkan nilai tambah dari potensi-potensi yang ada di Papua,” ungkapnya.

Dia mengatakan prestasi anak muda Papua harus terus dipupuk dan dikembangkan. Presiden pun menyebut beberapa atlet asal Papua yang berhasil mengukir prestasi di laga internasional, seperti Lisa Rumbewas atlet angkat besi, Serafi Anelies Unani (atletik), Franklin Ramses Burumi (atletik), Boaz Solossa (sepak bola). “Prestasi mereka harus diikuti oleh anak muda-anak muda Papua lainnya,” ucapnya.

Presiden juga memuji kreativitas anak-anak muda Papua di bidang musik, seni, dan budaya yang sangat membanggakan seperti disaksikan di awal pembukaan PON XX. “Lagu Cuma Saya dari M.A.C dan Jang Ganggu dari Shine of Black pasti akan diikuti oleh karya-karya lain yang tidak kalah hebatnya oleh anak-anak muda Papua,” ungkap Jokowi.

Di akhir sambutannya, dia mengajak seluruh atlet untuk merayakan PON XX dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan, serta persatuan dan kesatuan bangsa.

“Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita tunjukkan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini,” kata Presiden Jokowi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *