Mengintip Ritual Khusus Pebulutangkis Dunia Sebelum Bertanding

  • Whatsapp
Tunggal putra bulutangkis Indonesia Jonatan Cristie sebelum berangkat ke Finlandia untuk Sudirman Cup 2021 / Instagram @jonatanchristieofficial

Dnews.id|JAKARTA – Setiap atlet umumnya memiliki ritual atau kebiasaan masing-masing yang dilakukan dalam setiap kejuaraan. Ritual tersebut biasanya untuk meningkatkan rasa percaya diri atau mengurangi nervous sebelum bertanding.

Ritual khusus ini juga dimiliki para pebulutangkis dunia, termasuk Indonesia sebelum bertanding pada kejuaraan Piala Sudirman 2021. Mereka meyakini mendapatkan sugesti dan semangat saat menjalani pertandingan.

Bacaan Lainnya

Ritual yang dilakukan tidak selalu berkaitan tentang kepercayaan atau agama yang mereka anut. Melainkan hal-hal umum, bahkan hanya sekedar mendengarkan lagu favorit. Berikut ritual khusus atlet bulutangkis dunia sebelum bertanding dalam Sudirman Cup 2021.

1. Putri Kusuma Wardani (Indonesia)

Instagram @putri.k.w20

Pemain tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani mengaku punya tiga ritual khusus sebelum bertanding. Ritual tersebut antara lain memberi kabar kepada keluarga, menonton video pertandingan lawan mainnya, dan mendengarkan musik.

Menurut perempuan yang dikenal dengan Putri KW ini, mendengarkan musik bisa sedikit membuatnya lebih tenang dan fokus.

2. Gronya Somerville (Australia)

Instagram @gronyasomerville

Pebulutangkis putri Tim Australia ini punya ritual tersendiri untuk menghilangkan stres sebelum bertanding. Cukup sederhana, Gadis berdarah campuran Inggris dan China ini hanya berbincang dan bercanda dengan pelatih atau pemain lain.

“Itu adalah cara yang baik untuk membuat situasi jadi lebih santai,” kata Gronya seperti dikutip dari Badminton Oceania. Selain itu, Gronya juga melakukan meditasi atau menelepon teman sehari jelang pertandingan.

3. Rachel Honderich (Kanada)

Instagram @rachelhonderich

Honderich punya ritual khusus laiknya orang pada umumnya, yaitu mendengarkan lagu sebelum pertandingan. Uniknya hanya lagu Viva La Vida milik Coldplay yang mampu meredakan ketegangan Honderich sebelum bertanding.

Lagu yang dirilis Maret 2018 ini sangat berarti bagi Honderich. Dirinya pertama kali mendengar Viva La Vida ketika Rafael Nadal menang dengan susah payah dari Roger Federer di final Wimbledon 2008. Momen inilah yang diakui Honderich mampu membangkitkan semangatnya setelah mendengar Viva La Vida.

4. Jonatan Christie (Indonesia)

Instagram @jonatanchristieofficial

Pebulu tangkis tunggal putra, Jonatan Christie juga memiliki ritual atau kebiasaan yang ia jalankan sebelum memulai pertandingan. Salah satunya menonton video lawan sehari sebelum pertandingan.

Pemuda yang akrab disapa Jojo itu juga menjalankan ritual lainnya, yakni melakukan doa dan bersiap diri demi meraih kemenangan di setiap pertandingan. Jojo juga kerap mendengarkan musik tergantung dengan suasana yang dirasakan.

5. Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia)

Instagram @sinisukanthony

Sama seperti halnya Jonatan Christie, pebulu tangkis peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 Anthony Sinisuka Ginting juga mempunyai ritual unik sebelum melakoni pertandingan di lapangan. Termasuk salah satunya adalah mencatat semua kelebihan serta kekurangan lawan mainnya.

Ritual tersebut rupanya didapatkan dari sang pelatih Hendry Saputra yang diberikan kepada anak asuhnya. Menurutnya ritual itu berguna untuk mengetahui kebiasaan lawan dan mudah diingat di kepalanya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *