Bukan Hanya Hard Skill, Kemampuan Ini juga Penting dalam Persaingan Dunia Kerja

  • Whatsapp
Pentingnya memiliki soft skill dalam dunia kerja. / Pixabay.com

Dnews.id|JAKARTA – Perkembangan seseorang dalam dunia kerja, tidak hanya dilihat dari kemampuan teknis saja melainkan juga kemampuannya dalam berinteraksi atau disebut soft skill. Mengutip The Balance Careers, soft skill merupakan kemampuan non-teknikal yang berhubungan dengan bagaimana seseorang bekerja.

Soft skill melibatkan bagaimana karyawan berinteraksi, menyelesaikan masalah, hingga memanajemen pekerjaan. Sebagian besar karyawan perusahaan perlu memperbaharui kemampuan mereka. Hal ini dilakukan agar mereka bisa bersaing hingga tahun-tahun berikutnya.

Penting untuk karyawan agar terus mengasah dan meningkatkan soft skill mereka. Selain kemampuan teknis, kemampuan non-teknis ini membuat seseorang dapat bertahan dalam situasi pekerjaan apapun. Perhatikan soft skill berikut ini yang penting untuk dikuasai seorang pegawai agar mampu bersaing di dunia kerja.

Unsplash.com

Kemauan untuk belajar dan berperan
Seorang karyawan lebih baik mampu memberikan bantuan apapun untuk tim dan perusahaan. Ingat untuk selalu bersedia mempelajari hal baru dan berperan di dalamnya sambil mengembangkan skill yang dimiliki. Jangan pernah menolak untuk melakukan sesuatu tanpa mencobanya terlebih dulu.

Self-Awareness
Orang yang sukses adalah mereka yang memiliki keinginan untuk bekerja dan memberikan kemampuan terbaik mereka. Selain itu, mereka juga menyadari kekurangan yang dimiliki sehingga bisa menerima kritik dengan baik.

Seorang karyawan yang baik cenderung termotivasi, dapat dipercaya, dan terorganisir. Memberikan pelatihan dan mentoring akan memberikan perusahaan hasil terbaik bagi orang-orang yang menyadari kemampuan diri mereka sendiri.

Akuntabilitas
Perusahaan mencari kandidat yang memiliki akuntabilitas, seseorang yang peduli dan mementingkan hasil pekerjaan dan juga cara yang digunakan untuk mencapainya.

Pasalnya, ada banyak karyawan yang seringkali tidak memperdulikan apa yang dikatakan atasan mereka. Oleh karena itu penting memiliki akuntabilitas yang baik dan tunjukkan hal tersebut saat melamar kerja.

Gigih
Orang yang gigih sangat diperlukan dalam tim, apalagi jika tim tersebut sedang dihadapkan pada sebuah masalah. Untuk menguji soft skill ini, perekrut akan menanyakan pengalaman calon pegawai dalam menyelesaikan masalah di tempat bekerja sebelumnya.

Usplash.com

Empati
Untuk setiap perusahaan, membangun relasi yang kuat dengan klien atau pelanggan dan rekan kerja adalah hal yang sangat penting. Untuk itu seorang pegawai perlu memiliki empati tinggi dan kemampuan untuk bisa menjalin hubungan baik dengan orang lain .

Tanpa rasa empati, komunikasi dengan orang lain hanya sebatas transaksional saja. Umumnya klien dan pelanggan tidak akan begitu ingat dengan apa yang kita katakan, melainkan bagaimana kita membuat mereka merasakan pengalaman yang baik.

Otentisitas
Perekrut akan memperhatikan beberapa aspek ketika mewawancara kandidat, termasuk menilai apakah orang tersebut bersikap baik dan rendah hati atau hanya membual dan berpura-pura.

Pastikan diri Anda memiliki otentisitas kerpibadian yang baik sehingga mudah beradaptasi dengan tempat dan rekan kerja yang baru.

Kreatif
Seseorang yang kreatif dan mampu berpikir di luar kebiasaan adalah orang yang dicari oleh setiap perusahaan. Orang yang kreatif, berani melakukan dan memulai sesuatu yang berbeda, berani berperan dan membawa inovasi yang baru bagi perusahaan.

Mampu Belajar dengan Cepat
Terus berkembangnya teknologi dan informasi tentu saja mempengaruhi sektor bisnis. Oleh karenanya, seseorang dengan kemampuan mempelajari sesuatu yang baru dengan cepat adalah orang yang dicari dan dibutuhkan oleh setiap perusahaan untuk mengikuti perkembangan yang ada.

Sikap yang Positif
Sikap positif akan mendorong kemauan seseorang untuk belajar atau mengerjakan tugas baru dan tanggung jawab lainnya demi kebaikan dan kepentingan tim.

Bagi para pekerja, penting untuk mengasah kemampuan-kemampuan di atas. Skill tersebut bisa memudahkan bersaing saat mencari kerja dan saat bekerja kelak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *