Anak Mulai Pembelajaran Tatap Muka, Yuk Simak Tips untuk Orang Tua

  • Whatsapp
Ruang kelas / Pixabay

Dnews.id| JAKARTA – Sebagian sekolah di sejumlah daerah di Indonesia mulai menggelar pembelajaran tatap muka di sekolah. Kebijakan ini diambil seiring penurunan level PPKM dari semula level 4 menjadi level 3 di Jawa Barat.

Kabar ini tentu membuat orang tua lega sekaligus cemas. Lega karena anak bisa bersosialisasi dengan teman-temannya secara langsung, namun cemas karena pandemi covid-19 belum sepenuhnya terkendali.

Bacaan Lainnya

Berikut Dnews sajikan sejumlah tips agar orang tua menyiapkan anak-anaknya dengan penuh persiapan masuk sekolah di tengah pandemi covid.

Beri Pemahamam yang tepat soal Covid

Sebelum mengetahui langkah apa saja yang bisa anak lakukan dalam mempersiapkan diri kembali ke sekolah, anak perlu lebih dulu memahami informasi dasar sesuai dengan usianya terkait virus Covid-19 yang tengah mewabah ini. Orang tua harus bisa memberi tahu anak informasi mengenai Covid-19 melalui sumber terpercaya seperti UNICEF, WHO dan kementerian kesehatan nasional. Waspadai selalu informasi palsu yang mungkin beredar secara online.

prokes mencuci tangan / pixabay

Ingatkan Protokol Kesehatan

Ingatkan anak mereka agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Para orang tua jangan pernah merasa bosan memberikan edukasi kepada anak bagaimana virus corona (covid-19) bisa menyebar. Ingatkan kepada anak tentang pentingnya 3M: Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Perang orang tua juga dibutuhkan pada poin ini. Salah satunya dengan menaruh hand sanitizer di tas anak, membelikan masker, selalu mewanti-wanti anak untuk selalu mencuci tangan dan menjaga jarak.

Komunikasi dengan pihak sekolah

Berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mempersiapkan kembalinya anak ke sekolah dan tanyakan apa yang orang tua lakukan dalam mendukung upaya keamanan dan keselamatan anak di sekolah.

Jaga perasaan anak

Para orang tua harus mengevaluasi per hari apa yang terjadi kepada anak kita ketika sudah memulai pembelajaran tatap muka. Bantu anak untuk mengungkapkan perasaan yang sedang mereka rasakan guna menghindari terjadinya stres. Jika anak mudah stres, maka imun tubuhnya pun akan menurun dan lebih mudah terserang penyakit.

Sesuaikan Rutinitas Anak

Selama sekolah di rumah, rutinitas anak tentunya dapat dibilang lebih bebas dibanding sekolah tatap muka nantinya. Dalam hal ini, peran ibu untuk menyesuaikan rutinitasnya dengan sekolah tatap muka menjadi penting. Cobalah lakukan penyesuaian mulai dari jadwal bangun, cara belajar dan lainnya sehingga anak tak kaget saat sekolah tatap muka.

Pixabay

Jaga Nutrisi Anak

Di tengah pandemi, menjaga kesehatan anak dari dalam juga sangat penting. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan nutrisi yang sehat seperti sayur, buah, susu dan vitamin imun anak. Selain itu, pastikan juga agar orang tua selalu menyiapkan bekal makan siang, camilan sehat dan botol air minum selama anak mengikuti sekolah tatap muka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *