Artis Protes PPKM, dari yang Santun sampai Nekat Berbikini

  • Whatsapp
Ilustrasi. Ragam protes PPKM.

Dnews.id | JAKARTA – Angka kasus aktif covid-19 di Indonesia masih fluktuatif. Pemerintah pun belum memberikan sinyal
PPKM akan dicabut. Sejak berlaku pada 3 Juli lalu, PPKM hanya berubah-ubah nama. Mulai dari PPKM mikro, PPKM darurat, dan kini PPKM berdasarkan level.

Kebijakan pembatasan kegiatan oleh pemerintah ini menuai kritik dan protes. Tidak hanya dari masyarakat awam, publik figur dari berbagai elemen pun secara terang-terangan mencurahkan keresahannya lewat media sosial masing-masing hingga turun ke jalan. Seperti dilakukan DJ Dinar Candy baru-baru ini yang menolak perpanjangan PPKM mengenakan bikini di pinggir jalan ibukota.

Bacaan Lainnya



Berikut deretan artis yang menyindir dan menolak PPKM.

1. Dinar Candy

Dinar Candy.

Memasuki pekan ke-empat PPKM, warga Ibukota heboh berkat aksi berbikini Dinar Candy di Jl. Adhyaksa, Lebak Bulus, Jaksel. Dalam aksinya pemilik nama asli Dinar Miswari membawa papan bertuliskan “saya stress karena PPKM diperpanjang”. Akibatnya, Dinar dijadikan tersangka oleh penyidik Polres Metro Jakarta Selatan dengan dugaan pelanggaran pornografi dan UU ITE.

2. Didi Riyadi

Lebih elegan, penabuh drum band Element Didi Riyadi membuat surat terbuka yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo. Surat terbuka yang disampaikan lewat live instagram di akun pribadinya 14 Juli lalu. Didi menyebutkan sejumlah poin keberatan perihal PPKM. Cara protes Didi mendapat komentar positif dari netizen.

3. Annisa Bahar

Tidak hanya satu kali, pedangdut Annisa Bahar beberapa kali mengeluhkan kebijakan PPKM lewat akun Instagramnya. Pertama Annisa berkeluh kesah tentang rakyat kecil, pedagang di pasar yang dilarang berjualan oleh Satpol PP.

“Ya Allah tukang sayur di pasar nggak boleh dagang. Kami rakyat kecil yang butuh makan pak. Kami butuh bayar kontrakan Kami butuh biaya sekolah anak. Kami butuh beli susu anak. Kami butuh bayar listrik. Dan banyak kebutuhan yang harus kami penuhi #ppkm #kiamatkecil,” lanjut Annisa. Dalam unggahan berbeda, dia juga curhat soal gagal terbang karena aturan baru PPKM di bandara.

4. Iwan Fals

Iwan Fals.

Terkenal kritis terhadap pemerintah lewat lagu-lagunya dulu, Iwan Fals akhirnya juga menuliskan sindiran tentang PPKM di akun twitternya @iwanfals. “PPKM Level 3-4, berarti bisa 5 6 7 8 9 dstnya…wuiiiihhh bisa gak berbatas dong…,” cuit Iwan Fals.

5. Fiersa Besari

Sama dengan seniornya, musisi Fiersa Besari juga menyindir perubahan nama PPKM dari darurat menjadi level 4. Getol mengkritik pemerintah selama pandemi Covid19, kali ini Fiersa menuliskan dengan canda. “PPKM di kasih level, emang boncabe,” cuit Fiersa di laman twitter pertengahan Juli lalu.

6. Gebby Vesta

Selebgram kontroversial Gebby Vesta meluapkan kemarahannya di Bandara akibat gagal terbang karena aturan PPKM. Video aksi ngamuk Gebby viral di media sosial. Gebby protes karena tidak mengetahui aturan baru untuk terbang yakni surat jalan dari RT/RW. Padahal ia sudah mengantongi hasil test PCR dan bukti vaksinasi.

Itulah sejumlah artis yang keberatan dengan sejumlah aturan PPKM selama pandemi Covid 19 di Indonesia. Mulai dari yang santun hingga melakukan aksi nekad, para selebritas ini merasa PPKM sangat menghambat kepentingan hidup banyak orang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *