Dubes Darmansjah Djumala: Menulis Cara Sederhana Memaknai Sejarah

Darmansjah Djumala
Dr. Darmansjah Djumala

DNews.id | WINA, Austria – Menulis adalah cara sederhana memaknai sejarah. Dengan menulis dan mempublikasikan ide dan pemikiran terkait diplomasi dan politik luar negeri kepada khalayak, berarti diplomat telah berkontribusi dalam wacana publik dan akademik.

Dalam banyak peristiwa politik internasional, diplomat sering menjadi saksi sejarah, bahkan pelaku sejarah. Ketika kesaksian itu dituangkan dalam bentuk tulisan dan dibukukan maka ia dapat mejadi bahan pembelajaran untuk masa depan. Sejatinya, itulah cara sederhana memaknai sejarah.



Demikian disampaikan Dr. Darmansjah Djumala, Duta Besar/Wakil Tetap RI untuk Austria, Slovenia, dan PBB di Wina, pada acara bedah buku karyanya berjudul “Diplomasi Membumi: Narasi Cita Diplomat Indonesia”.

Bacaan Lainnya

Bedah Buku yang diselenggarakan secara virtual menggunakan platform Zoom ini, diselenggarakan oleh Prodi Hubungan Internasional FISIP Universitas Padjadjaran (Unpad) pada Rabu (7/7/2021), dihadiri sekitar 128 peserta dari kalangan akademisi dan perwakilan RI di Asia dan Eropa.

Buku tersebut merupakan kumpulan sejumlah artikel yang pernah ditulis oleh Djumala di berbagai media nasional, terdiri dari 8 bagian, 112 artikel yang ditulis dalam rentang waktu 40 tahun sejak masih mahasiswa, selama berkarir di Kementerian Luar Negeri RI, hingga menjadi Duta Besar RI di Polandia dan kini sebagai Duta Besar/Wakil Tetap RI untuk Austria, Slovenia, dan PBB.

Artikel-artikel memuat ide dan pemikiran terhadap berbagai isu nasional, regional dan global, serta isu khusus tematik, yang diteropong dalam perspektif diplomasi dan politik luar negeri.

“Saya termotivasi untuk membukukan seluruh artikel yang pernah ditulis atas dorongan dari para sahabat. Menuangkan pemikiran, asa, dan cita dalam bentuk tulisan dimaksudkan untuk berbagi pengetahuan dengan publik dan dunia akademik sebagai  food for thought dalam upaya membangun sinergi untuk pengembangan ilmu pengetahuan” ungkap Djumala.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *